Monday 7 October 2013

Refleksi Diri

Sudah hampir menuju umur 24 tahun. Umur yang tidak lagi muda. Sudah tidak bisa lagi bermain-main. Sudah memiliki tujuan untuk menginjak di umur yang akan berkurang 1 angka lagi. Saya sudah tumbuh sedemikian rupa, dengan berbagai keindahan dan hadiah-hadiah kecil dari Allah yang membuat saya terbentuk hingga seperti ini. Mereka bilang saya pribadi yang baik, yang sopan, lemah lembut, tegar dan ikhlas terhadap apapun yang terjadi. Namun, itupun dibarengi dengan sifat-sifat lain yang masih memerlukan banyak perbaikan.

Saya sungguh bersyukur di umur 23 Allah memberikan banyak keberkahan yang tidak terkira. Yang tanpa saya meminta pun diberikan olehNya. Yang tanpa saya terbesitpun, Allah dengan ke-maha baik-kannya memberikan kepada saya apa-apa yang saya butuhkan. Hanya terkadang saya yang sering lupa untuk bersyukur, saya yang sering lupa untuk memberikan dari apa yang saya dapat untuk saya berikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan, saya pula lah yang sering lupa diri bahwa semua ini adalah titipanNya. Saya hanya perlu merawat dan menjaganya untuk suatu hari saya pertanggung jawabkan, untuk apa  yang Dia titipkan itu. Saya selalu lupa bahwa saya hanya di titipkan.

Dan tinggal keikhlasan hati lagi yang harus bermain, mengerti bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini, bahwa manusia begitu mudah untuk berubah, bahwa apa yang kita miliki akan lenyap dan dapat tergantikan dengan yang baru, bahwa tidak ada satupun yang Dia titipkan tanpa maksud dan tujuan sehingga Dia percaya bahwa saya pribadi sanggup menerimanya, sanggup memikulnya, sanggup mempertanggung jawabkan terhadap apa yang dititipkanNya..  

Semoga umur yang baru dapat menjadikan saya menjadi manusia yang jauh dari kesombongan, ke-alpaan diri, keinginan untuk lebih mencintai Dzat yang memberi cinta dibanding mencintai perasaan dari hati yang mudah sekali berubah-ubah, dapat lebih tawadhu' dan berserah diri. Berserah diri untuk berfikir baik bahwa apa yang saya dapatkan, apa yang akan diuji ke saya, adalah wujud sayang Allah yang tidak terhingga terhadap diri yang mudah sekali lupa dan khilaf ini.

Semoga ..

No comments:

Post a Comment